Jaminan Kemkominfo Permudah Layanan Telekomunikasi Untuk Peserta Asian Games 2018

Jaminan Kemkominfo Permudah Layanan Telekomunikasi Untuk Peserta Asian Games 2018
Channel Nasional. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berupaya meyakinkan masyarakat tentang jaminan akses telekomunikasi, terutama internet, untuk mempermudah proses telekomunikasi dan memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games 2018.

Dari sisi jaringan infrastruktur seluler, sejumlah operator, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, dan Smartfren Telecom sudah menyiapkan jaringan 4G. Kelima operator seluler tersebut mengklaim memiliki jaringan 4G paling mumpuni. Untuk menerawang kesiapan para operator pun sangat mudah.

Umumnya, jaringan operator diuji keandalannya saat puncak trafik di bulan Ramadan dan Lebaran, dan hari-hari besar lainnya. Dari catatan para operator seluler, semuanya mengalami lonjakan trafik data pada masa mudik Lebaran. Dalam keterangan resmi yang dirilis Liputan6.com, trafik data XL pada Lebaran tahun ini naik 30 persen dibanding hari biasa dan naik 95 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

Selama periode 10 hari, trafik data tertinggi didominasi antara lain oleh trafik data streaming, mencakup video dan musik sebesar 47 persen. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, layanan pesan singkat 13 persen, dan media sosial 12 persen.

Sementara Telkomsel mencatat kenaikan 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen pada H-1 Idul Fitri jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari biasa. Jumlah itu meningkat 109 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

Comments

Popular posts from this blog

Panduan Calon Mahasiswa UIN Bandung Setelah SBMPTN 2018

Hati-Hati, Aturan Denda Bagi Penyebar Hoax Tengah Disusun

Akhirnya Teka-teki Terjawab Sudah, Deklarasi Prabowo-Sandiaga Uno Untuk Pilpres 2019